MOCHIKIMO salah satu jenis makanan yang telah terimbas dampak inovasi yaitu KUE MOCHI, dimana Mochi adalah kue Jepang yang terbuat dari beras ketan, ditumbuk sehingga lembut dan lengket kemudian dibentuk menjadi bulat. Di Jepang, kue ini sering dibuat dan dimakan pada saat perayaan tradisional mochit suki atau perayaan tahun baru Jepang. Namun demikian, jenis kue ini di jual dan dapat diperoleh di toko-toko kue sepanjang tahun.
Di Indonesia Mochi adalah makanan
khas oleh-oleh dari Sukabumi. Jika biasanya mochi berisi kacang hijau, coklat,
atau apapun varian rasa lainnya mochi yang satu ini berbeda dari biasanya. Sekarang
kue mochi mulai diinovasikan para pelaku usaha menjadi beragam jenis varian
rasa. Salah satunya adalah mochi berisikan Es Krim aneka rasa yang memberikan sensasi
keunikan tersendiri bagi para penikmatnya.
Produk yang akan kami tawarkan adalah
“Mochi Ice Cream” yang merupakan makanan berasal dari jepang, korea dan china. Mochi
Ice Cream ini sangat digemari mulai dari anak kecil sampai dengan orang tua,
karena Mochi Ice Cream ini memiliki tekstur yang kenyal di luar dan lembut di
dalam, dengan isian ice cream yang lezat dan lumer serta cocok dinikmati dalam berbagai
suasana. Wajar adanya bila keunggulan tersebut kemudian menjadikan produk Mochi
Ice Cream ini digemari banyak kalangan bahkan saat ini Mochi Ice Cream sudah menjadi
trend anak muda di manca Negara khususnya wilayah Asia sehingga tidak heran bila
usaha Mochi Ice Cream ini kemudian menjanjikan keuntungan cukup besar bagi para
pelakunya.
Negara Indonesia adalah Negara yang
termasuk dalam kawasan tropis, yaitu kawasan yang memiliki suhu udara yang panas.
Sebagian orang mungkin mengeluh dengan panasnya cuaca di Indonesia ini.
Hal inilah yang bisa menjadi peluang
usaha, salah satunya “Mochi Ice Cream” dengan nama MOCHIKIMO telah hadir di kota Bandung MOCHIKIMO yang berarti ‘Mochi dari Eskimo’.
MOCHIKIMO ini sangat menarik dan menjadi peluang usaha yang
menjanjikan dikarenakan semua kalangan menyukai ice cream. Dengan aneka rasa
yang berbeda dan menggugah selera.
Adapun rasa yang ditawarkan MOCHIKIMO
dengan 12 varian yaitu :
1. Strowberry
2. Blueberry
3. Vanila
4. Coklat
5. Durian
6. Tiramisu
7. Raisin
8. Taro
9. Oreo
10. Banana
11. Keju
12. Grean Tea
Pemasaran Mochikimo
1. Strowberry
2. Blueberry
3. Vanila
4. Coklat
5. Durian
6. Tiramisu
7. Raisin
8. Taro
9. Oreo
10. Banana
11. Keju
12. Grean Tea
Stowberry |
Oreo |
Potensi Pasar Mochikimo
Masyarakat Umum
Saat ini, daya beli masyarakat
terhadap berbagai jenis kuliner sangat tinggi terlebih untuk kudapan berbahan
dasar es krim. Berdasarkan hal tersebut, MOCHIKIMO akan menjadi kudapan yang
tepat yang dicari oleh semua golongan masyarakat.
Para Pengusaha dan Para Pekerja atau Karyawan
Dengan aktifitas dan tingkat
stress yang tinggi, golongan ini akan sangat membutuhkan kudapan yang bisa
menyegarkan atau membuat mereka bisa menikmati waktu-waktu luang mereka dengan
kudapan yang menggugah selera. Salah satunya MOCHIKIMO. Karena dengan mochi
yang kenyal dan rasa serta tekstur eskrim yang lembut akan memberikan sensasi
yang luar biasa bagi yang memakannya.
Para Pelajar dari mulai TK, SD, SMP, SMA dan Mahasiswa
Pada umumnya, golongan ini sangat
menyukai kudapan yang berbahan dasar eskrim dan menyukai aneka makanan yang
berasal dari yang umum dijual.
Terlebih dengan tampilan yang menarik akan
mengubah daya tarik mereka untuk membeli produk MOCHIKIMO
Pemasaran Mochikimo
Mochikimo dipasarkan dengan
beberapa pola, yaitu pemasaran secara langsung (direct selling) serta pemasaran
tidak langsung (distribusi).
Metodelogi pemasaran biasanya
tergantung pola kerja seseorang, ada yang memang biasa kerja sendiri dan
menginginkan perputaran atau percepatan. Semua metode pemasaran memiliki
kelebihan dan kekurangan masing-masing. Perbedaan metode pemasaran akan saya
sampaikan di lain kesempatan.
Sedangkan pelaksanaannya baik
secara direct selling ataupun distribusi bisa melalui cara canvasing atau
online, semua sama saja yang penting adalah memahami ilmu dan pengetahuan
tentang pemasaran.
Mochikimo
dipasarkan melalui jaringan distribusi :
- Modern Trade (MT), Modern Market merupakan pasar yang sangat potensial untuk
product mochikimo. Disamping sebagai sarana promosi yang efektif dan efisien
juga meningkatkan branding Mochikimo itu sendiri, karena tidaklah mudah bagi
product-product UKM untuk bisa masuk kepasar modern market. Seleksi yang ketat
yang menjadi persyaratan modern market dalam menentukan product apa saja yang
bisa di terima oleh pasar modern market. Biaya
yang tidak sedikit seperti listing fee, vendor fee, sewa tempat, dll juga
terkadang menjadi penyebab utama para pelaku UKM untuk bisa bersaing di pasar
Modern Market (MT). Mochikimo saat ini sudah berada dan siap bersaing dengan
product frozen serta ice cream lainnya.Beberapa
Modern market bisa kita datangi untuk pembelian Mochikimo diantaranya adalah
Giant, Carrefour, Lottemart, Hypermart, Borma, Superindo, dll.Bahkan
saat ini Mochikimo sudah merambah ke pasar mini market seperti Alfamart.
- General Trade (GT), Pasar GT atau biasa disebut Tradisional market untuk mochikimo menjadi penyumbang omzet terbesar untuk bisnis distribusi mochikimo ini sendiri, penyebaran yang sangat cepat di pasar GT ini tidak lepas dari respon konsumen yang begitu tinggi terhadap product mochikimo yang memiliki sensasi tersendiri. Pasar GT Mochikimo dapat dengan mudah ditemui (khususnya Kota Bandung dan Bogor) di toko kue, toko oleh-oleh, swalayan dan mini market independen, toko kelontongan sampai ke warung-warung dalam gang.
- Horeka (Hotel, Restaurant, Kantin), Mochikimo di segmen ini dijadikan sebagai menu penutup makan atau juga sebagai menu yang di sajikan di tempat tersebut, biasanya di tambah toping menarik lainnya. Kreatifitas pemilik dan pengelola menjadi keunikan tersendiri dalam pemasaran mochikimo.Mochikimo juga biasa dijadikan sebagai sajian di pesta perkawinan, ulaang tahun, sunatan, seminar serta acara-acara lainnya.
Mochikimo
dipasarkan melalui Penjualan langsung (direct selling) :
- Online system, melalui jaringan orang per orang dengan system keagenan atau resseler.
- Membuka outlet sendiri, tempatnya bisa di rumah, sekolah, pameran, mall, atau di tempat keramaian umum.
- Keliling dengan sepeda atau motor.
Outlet Sendiri di Borma Cikutra
Tidak ada komentar:
Posting Komentar